6 Tips Berbusana Saat Umroh

Apakah kalian memiliki rencana mengunjungi tanah suci dalam waktu dekat? Jika ya, alhamdulillah, we’re happy to hear the news! Kesempatan untuk menunaikan ibadah umroh merupakan salah satu yang sangat ditunggu-tunggu oleh teman-teman sesama muslim, jadi kalian perlu mempersiapkan segala hal dengan baik sebelum berangkat. Nah, kalau kalian sedang bingung memikirkan busana apa saja yang perlu dibawa untuk kunjungan umroh, don’t be! Di artikel ini, kami akan membahas tips berbusana saat umroh yang tentunya super simple. Keep on reading, girls!

 

1. Niatkan kunjungan kalian untuk ibadah

Poin pertama ini penting. Karena dengan memfokuskan niat untuk ibadah untuk Allah, kalian nggak akan kepikiran untuk bawa semua isi lemari untuk sekedar melakukan foto OOTD seperti saat liburan pada umumnya. Well, berfoto tidak ada salahnya, tapi jangan sampai itu jadi mengesampingkan niat utama untuk beribadah dan mengganggu orang lain ya, girls.

 

2. Bawa gamis atau abaya

Karena panjangnya yang menjuntai sampai mata kaki, gamis atau abaya merupakan pilihan praktis yang mmemudahkan kalian untuk langsung melaksanakan solat di masjid tanpa perlu berganti ke mukena terlebih dahulu. Remember, modesty is the key!

 

3. Bawa hijab panjang

Untuk melengkapi gamis atau abaya yang sudah kalian bawa, jangan lupakan hijab panjang. Bawa setidaknya lima hijab panjang dalam koper untuk perjalanan umroh tujuh hari.

 

4. Don’t forget socks!

Membawa lebih dari tujuh pasang kaos kaki lebih baik dibandingkan kalian kekurangan kaos kaki, lho! Dikarenakan banyaknya aktivitas dan mobilitas, mungkin banget dalam sehari kalian membutuhkan dua pasang kaos kaki untuk berganti.

 

5. Pack enough inner garments

Sebelum berangkat, ada baiknya kalian cek dulu cuaca di Madinah dan Mekkah pada tanggal kunjungan kalian. Kalau kalian berkunjung di bulan Januari ini, suhu udara di Madinah sedang cukup dingin dengan suhu terendah mencapai 6°C. Jadi, jangan sampai kelupaan bawa legging dan manset yang didesain khusus untuk cuaca dingin ya! Untuk di Mekkah, kalian cukup membawa beberapa celana panjang berpotongan lurus dan legging berbahan ringan untuk dipakai di dalam gamis atau abaya.

 

6. Bawa alas kaki yang nyaman

Meskipun waktu kalian akan banyak digunakan di dalam masjid tanpa alas kaki, namun di luar itu, kaki kalian memerlukan alas kaki yang nyaman untuk aktivitas lainnya seperti city tour dan berkeliling di area dekat masjid. Trust us, a pair of walking sandals is far more practical and comfortable than a pair of flat shoes. Kalian bisa juga membawa ekstra sandal jepit dan sneakers jika dirasa dibutuhkan.

 

Itulah tips berbusana singkat yang bisa kalian aplikasikan untuk kunjungan ibadah ke tanah suci. Kalau kalian punya informasi tambahan untuk pembaca lainnya, share di kolom komentar ya. Last but not least, semoga ibadah umroh kalian lancar dan diberkahi! In syaa Allah.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *